Thursday, December 17, 2015

Programmer Otodidak atau Lulusan IT

 

Programmer Otodidak VS Lulusan IT, Pilih Mana?


Merujuk ke suatu postingan di kaskus yang membicarakan tentang lebih baik Programmer Otodidak atau Lulusan IT, saya juga mau ikut ambil suara melalui postingan ini. Secara umum, memang Programmer Lulusan IT lebih diunggulkan karena mereka tahu dasar - dasar pemrograman melalui bidang studi mereka tapi, biasanya masih lemah dalam hal koding tapi tetap rapi. Sedangkan, Programmer Otodidak hanya mengerti soal praktek atau jago dalam koding, jika sudah masuk ke dalam teori koding mereka bisa dikatakan sangat buruk.

Dari suatu pengalaman, ada beberapa rekan yang jago dalam pemrograman komputer namun tidak memiliki latar belakang dalam bidang informatika, ada juga yang rekan yang berlatar belakang informatika namun skill codingnya persis dengan rekan saya yang belajar sacara otodidak. Yang lebih parah, ada rekan yang bertitle sarjana dalam bidang informatika namun tidak bisa melakukan koding.

Salah satu teman saya, jago dalam logic, algoritma dan dalam pemrograman namun tidak ada latar belakang informatika. Dalam pelajaran pembuatan aplikasi, dia pasti selalu bisa membuat aplikasi yang diinginkan dan jadi tanpa error atau bug. Tetapi, ketika disuruh membuat ERD atau DFDnya, dia bingung mau mulai dari mana.

Muncul pertanyaan yang mendasar, masih ada saja Programmer Lulusan IT yang kalah dengan Programmer Otodidak. Dalam hal menulis kode - kode pemrograman.

Pengalaman saya sebagai Programmer Otodidak, memang lebih sering mengerjakan praktek daripada melihat teori. Jujur, dalam pembuatan ataupun analisis secara teori atau yang berkaitan dengan penyusunan database, saya masih sangat minim pengetahuan. Namun, menurut teman saya seorang Lulusan IT, mereka juga masih sering membuka buku ketika menemui permasalahan secara teori. Kenapa? Apakah Programmer Otodidak lebih jago daripada Lulusan IT. Seperti tidak ada bedanya, bedanya hanya Lulusan IT punya buku catatan sedangkan Programmer Otodidak tidak punya.

Menurut pengalaman yang saya ambil dari teman - teman programmer saya : 
 Lulusan IT punya gelar yang jelas tapi skill terbatas, Programmer Otodidak punya gelar terbatas namun skill berkelas.
Lalu kenapa Programmer Otodidak lebih unggul secara fakta dibanding Lulusan IT?
Karena : 
  1. Programmer Otodidak sadar diri bahwa dia zero dalam pemrograman dan ingin jadi hero dalam pemrograman (Semangat)
  2. Programmer Otodidak memiliki sumber yang tak terbatas dalam mengembangkan skillnya.
  3. Programmer Otodidak lebih kreatif dikarenakan referensi yang tak terbatas
  4. Programmer Otodidak semakin dia menguasai sesuatu, semakin dia akan memperdalam ilmu tersebut.
Jika saja Programmer Lulusan IT memiliki semangat seperti Programmer Otodidak, saya yakin pasti akan memiliki skill yang lebih hebat dibandingkan Programmer Otodidak pada umumnya. Namun, kebanyakan Lulusan IT sudah bangga, merasa hebat dengan dirinya, menyebut diri mereka programmer karena telah menerima pelajaran berbau informatika tanpa melihat yang lain.

Namun, Programmer Otodidak atau Lulusan IT mempunya kelebihan masing - masing. Programmer Otodidak jago dalam koding tanpa tahu dasar - dasar pemrograman. Lulusan IT kurang jago dalam koding tapi tahu dasar pemrograman.

Secara keseluruhan, seharusnya seorang Programmer Lulusan IT lebih bisa diunggulkan secara umum dibandingkan Programmer Otodidak. Karena mereka sudah tahu dasar pemrograman dan lebih bagus jika bisa menjelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh orang lain tentang teori - teori seperti ERD, DFD, Database, byte, memory, dll. Namun tidak ada batasan juga untuk Programmer Otodidak mempelajari teori tersebut karena sumber pemrograman yang telah menjamur dimana - mana.

We Must Appreciate Them! Programmer Otodidak atau Lulusan IT!

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com